Unik - Tashirojima (Pulau Kucing)

By hadyan luthfan - June 12, 2014




Bagi teman-teman pecinta kucing, sepertinya harus mengunjungi sebuah pulau di Jepang, Pulau Tashirojima. Pulau kecil ini terletak di Kota Ishinomaki, Prefektur Miyagi-Jepang. Nah, pulau ini dinamakan Pulau Kucing karena populasi kucing lebih banyak dibandingkan manusia. Penduduk disana percaya kalau memberi makan kucing akan membawa keberuntungan dan kekayaan. Maka dari itu lah pertumbuhan kucing disana sangat pesat, disamping penduduk lokal memperlakukan kucing dengan istimewa. Sebuah artikel yang ditulis oleh Sankei News (2009) bahwa anjing dilarang masuk ke pulau ini, karena anjing dianggap sebagai musuh kucing.

Bagaimana awal ceritanya?

Dahulu di pulau ini sebelum ada tradisi memelihara kucing, wanita lokal sering membuat kain sutra. Namun pada waktu itu ulat sutra sering dimakan oleh tikus-tikus sehingga penduduk lokal mencari cara untuk memberantasnya. Maka dari itulah penduduk lokal memelihara kucing secara besar-besaran, efektif sekali cara ini bukan?

Pernah ada sebuah cerita, suatu hari seorang nelayan sedang mengumpulkan batu yang digunakannya untuk menepu, batu itu menyasar dan jatuh mengenai seekor kucing hingga mati. Dengan sangat menyesal si nelayan menguburkan jasad kucing tersebut dan membuatkannya sebuah monumen/ tugu. Ada sekitar 51 monumen/ tugu yang terbuat dari batu berbentuk kucing berdiri di Pulau Tashirojima.

Sebelumnya, Pulau Kucing ini tidak pernah dilirik sebagai sebuah destinasi wisata oleh masyarakat Jepang maupun wisatawan asing. Tapi Fubirai, seorang fotografer, mengunggah foto-foto aktivitas kucing di pulau tersebut. Foto tersebut ia dokumentasikan selama lima tahun. Blog Fubirai menjadi terkenal saat itu seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yagn tertarik dengan Pulau Tashirojima. Ini foto dari Fubirai, klik disini.

Untuk sampai ke Pulau Tashirojima ini cukup mudah, dengan menggunakan akses kapal feri dari Ishinomaki, kota tetangganya. Wisatawan biasanya hanya melakukan perjalanan satu hari, mereka  bermain seharian dengan kucing-kucing tsb.

Sayangnya kini populasi di Pulau Tashirojima terancam punah dari kehidupan manusia, hal tersebut dikarenakan populasi penduduk menurun setiap tahunnya. Para pemuda enggan untuk tinggal disana, mereka kebanyakan pergi merantau ke kota lain. Warga setempat selalu berharap ada orang yang bersedia untuk menetap disana untuk meneruskan tradisi tersebut, bila mau penduduk lokal pun bersedia mengajarkan untuk membuat kain sutra dan menangkap ikan. Ada yang mau? hehehe

Ini beberapa fotonya, dapat dari google :

sampai rumahnya dibikin kayak kucing


Oiya, mungkin teman-teman yang pernah nonton anime Fairy Tail liat episode dimana Guild Fairy Tail tersedot oleh anima. Nah disana ada Negeri Edolas, pulau yang mengambang di angkasa berpopulasi kucing (exceed) semua. Mungkin dapat inspirasi dari situ kali ya walaupun gak sama hehehe

AYE SIR!!



Referensi :

  • Share:

You Might Also Like

0 comments