11 Facts - Negara Andorra

By hadyan luthfan - June 13, 2014

Negara Andorra adalah sebuah negara kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara Andorra beribu kota Andorra la Vella. Nama Andorra berasal dari bahasa Moor Al-dorra yang berarti “tempat yang berhutan lebat”. Nama ini diberikan oleh putera dari Raja Louis I atas bantuan dalam melawan bangsa Moor di Spanyol. Negara ini digambarkan sebagai negara paling damai didunia dengan motto Virtus Unita Fortior artinya 'kebajikan yang dipersatukan akan lebih kuat'. Berikut 11 fakta tentang Andorra :


  1. Salah satu negara terkecil di Eropa
    Andorra merupakan negara terkecil ke-6 di Benua Eropa dengan luas wilayah hanya 468 km2 dan populasinya kira-kira 83.888 jiwa (data 2009).
  2. Ibukota negara berlokasi paling tinggi di Eropa
    Andorra la Vella merupakan ibukota negara yang berlokasi paling tinggi di Eropa, yaitu 1023 meter.
  3. Negara tanpa pertahanan militer
    Negara ini tidak pernah memiliki kekuatan militer formal sama sekali. Ia hanya memiliki kekuatan kepolisian untuk membantu menjaga perdamaian dan dilatih untuk memberikan penyelamatan sandera. Di negara ini bergabung menjadi polisi bagi seorang pria adalah suatu keharusan. Lantas, siapa pelindung negara ini? Negara ini telah dilindungi oleh Perancis dan Spanyol, bahkan pada 1933 militer Perancis dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah sipil negara tersebut. Selain Perancis dan Spanyol, NATO juga bersedia untuk melidungi Andorra jika diperlukan.
  4. Berani menyatakan perang
    Meskipun tidak memiliki kekuatan mliter, negara ini pernah berani menyatakan perang kepada Jerman pada saat PD I, 1914. Tetapi anehnya ia tidak mengirimkan tentara untuk berperang. *yaelah bro
  5. Bukan anggota Uni-EropaAndorra bukanlah anggota Uni Eropa, tetapi menikmati hubungan khusus dengan Uni Eropa, misalnya diperlakukan seperti anggota Uni Eropa dalam bidang perdagangan barang produksi (tidak ada tarif) dan sebagai non-anggota Uni Eropa untuk produk pertanian. *enak bener
  6. Pariwisata penyumbang pendapatan terbesar
    Pariwisata merupakan sumber penghasilan utama Andorra, yang mencapai 80% dari total PDB Andorra. Diperkirakan 10,2 juta turis mengunjungi Andorra per tahun, yang tertarik dengan status bebas pajak dan resort musim dingin maupun musim panasnya.
  7. Angka pengangguran hampir 0%
    Meski hanya mengandalkan pariwisata, hebatnya negara ini memiliki pendapatan per kapita penduduknya mencapai US$34.420. Angka pengangguran hampir 0%!! Artinya semua umur angkatan kerja di Andorra bekerja.
  8. Angka harapan hidup tinggi
    Rakyat Andorra memiliki angka harapan hidup tertinggi ketiga di dunia, yaitu 82 tahun.
    Sumber : wikipedia


  9. Bahasa resmi
    Bahasa resmi Andorra adalah Catalan, meski para penduduknya lumayan cakap berbahasa Spanyol, Portugis, dan Perancis. Bahasa Inggris hanya dikuasai kaum muda. 
  10. Pertanian di impor 
    Produksi pertanian sangat terbatas, sebab hanya 2% tanahnya yang dapat ditanami, dan kebanyakan produk di impor. Produk pertanian Andorra berupa zaitun, jewawut, dan tembakau. Sedangkan untuk peternakan berupa hewan domba dan sapi.
  11. Sifat rakus pembangunan
    Ini bukan gambaran secara umum penduduk Andorra. Maksudnya disini ialah Andorra bukanlah lagi negara yang sama untuk beberapa tahun mendatang. Sifat rakus dan pembangunan yang tidak terkontrol menjadi blunder untuk lingkungannya. Pembangunan akan merusak lembah-lembah disana. Lima tahun terakhir ada investasi 50 juta euro untuk penginapan, kafe, warung makan, gondola, dan lapangan parkir mobil).*Beginilah sifat alamiah ketika ia tahu bahwa negaranya memiliki potensi untuk wisata, maka ia akan melakukan pembangunan secara terus-menerus untuk menarik wisatawan, tanpa memikirkan keadaan lingkungan yang berarti.



Sumber :
Wikipedia. 2014. 'Andorra'. id.wikipedia.org/wiki/Andorra. Diakses 13 Juni 2014.
Liputan Khusus Kompas. Andorra, Korban Turisme. Diakses 13 Juni 2014.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments