Tutorial - Mengatasi Blue Screen Windows 10: KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED_ERROR

By hadyan luthfan - November 17, 2018

Mungkin beberapa dari teman-teman yang menggunakan OS Windows 10 setelah menginstall pembaruan (update, bahasa padang nya) versi 1803 kan mengalami gangguan makhluk goib seperti blue screen atau layar biru.

Sebenarnya gue juga baru mengalami hal seperti ini sebulan belakangan, setelah menginstall update versi 1803, padahal versi ini udah ada semenjak bulan Maret 2018. Why? Entahlah Fergusso, gue juga ga paham kenapa telat datang bulan si updatean ini. Pas udah datang malah bikin kacau.

Gejala yang gue alami itu setiap streaming youtube tiba-tiba langsung ada notifikasi Blue Screen dan lalu loading sebelum kembali ke desktop. Ini cuma berlaku satu kali setiap laptop restart atau turn off, setelah itu aman untuk streaming video. Gue berpikir cukup keras waktu itu, apakah konten yang gue putar; tiktok mimi peri adalah 'film biru' sehingga komputer jadi blue screen?

Awalnya gue kira ini karena efek gagal update versi 1809. Dan ternyata 1809 itu ditarik kembali oleh Microsoft karena ada yang komplain data mereka hilang setelah update ke versi terbaru pada Oktober 2018 ini. Ternyata bukan gaes, ini terjadi karena drivernya juga butuh diperbarui.

Setelah gue cari cara nya, selalu gagal. Sampai akhirnya gue ingat ada forum Microsoft Answer yang selalu mendengarkan keluh-kesah Windows User. Gue tanya, jawabannya tetap sama, yaitu: Update Graphic's Driver anda! Malah ada yang nyaranin reset, hell no. Gue ga se pasrah itu bambank!

Nah, daripada banyak bacot. Ikuti caranya:

  1. Pastikan PC kalian terhubung dengan internet.
  2. Tekan shortcut Win+X
  3. Pilih Device Manager
  4. Lalu... ikuti gambar di bawah ini aja, capek ngetik wkwkw 😂

Intinya sih sama yang dianjurin orang-orang kebanyakan: update driver. Tapi tutorial hanya nyaranin update biasa, bukan seperti yang diatas. FYI, cara diatas benar-benar ampuh menangani masalah seperti ini. Laptop gue ga pernah lagi mengalami blue screen tepat setelah cara ini diterapkan. So, what are you waiting for guys?

Semoga membantu😉

  • Share:

You Might Also Like

0 comments