Ded Gim, Vainglory Sepi Pemain. Good Bye Ga Nih?

By hadyan luthfan - November 02, 2018


Hello, Vainglorious!
Beberapa minggu lalu gue main ke fanpage Vainglory Game Indonesia. Isinya tentu saja sumpah serapah yang sudah menjadi ciri khas Indonesia. Tahu kah kalian bray, kalo sumpah serapah kemungkinan akan menjadi salah satu budaya lambe yang melekat erat dengan masyarakat kita ini tahun 2030? Ya, sebenarnya ini sarkas. Nanti gue dibilang hoaxer lagi kan ribet wkwkw. Skip.

Yang ga pernah luput dari pandangan setiap kali admin VGI membuat postingan adalah kalimat: ded gem, game sepi, dan tutup aja servernya. Hal ini pun didukung dengan minimnya player yang antusias pada setiap postingan; bisa jadi like nya sedikit maupun komennya. Engga cuma di Facebook, tapi di Youtube pun begitu.

Orang join streaming Vainglory itupun cuma ratusan, mungkin itu udah diitung haters juga yang ikut komen wkwk. Kalo player Indonesia oke lah ya jarang yang bisa gabung ke channel nya Vainglory karena perbedaan waktu, jam 3 subuh siapa yang mau bela-belain nonton sih?

Kita balik lagi pada waktu Vainglory update besar-besaran, kalo ga salah gue Februari 2018. Bertepatan dengan Vainglory Championship di Singapura mereka rilis update beta 5v5 yang sangat ditunggu. Why? Ya karena lebih rame lebih asik aja, atau mungkin karena capek dikatain "moba kok nge-drag?"

Vainglory mencari pasar saat itu dengan update 5v5 nya, berharap player bakal bertambah. Gue ga punya data *lagi malas nyari sebenarnya. Apakah bertambah dengan itu atau tidak. Tapi keliatannya di sekitar gue engga ada yang begitu antusias. Virus Mobile Legend udah duluan meracuni layar mereka, ditambah lagi Free Fire, PUBG sedang hangat-hangat nya.

Ga cuma berhenti di sana, Vainglory dengan developernya Super Evil Mega Corp (SEMC) lebih rajin menambahkan hero baru. Tentunya peta baru yang lebih besar membutuhkan variasi hero yang lebih rame. Lucunya, masih ada orang yang bilang karakter Vainglory menjiplak hero dari Mobile Legend, apakah benar gue sendiri engga tau. Tbh, gue ga bergitu tertarik dengan game satu itu sehingga membuat gatau apa-apa tentang itu game. Yang gue denger Moonton adalah perusahaan yang sedang bermasalah dengan pelanggaran hak cipta. Kok malah ngatain orang...
jelaskan padaku boejank!

Ditongkrongan gue *aziiiq*, warung ayah namanya. Iya, level tongkrongan gue cuma warung, engga cofee shop ataupun cafe wkwkw. Cuma gue yang jadi pemain yang benar-benar aktif, jadinya kalo lagi ngumpul cuma gue yang main sendiri... terasingkan. Kadang-kadang ada yang ngajak party game, engga kayak dulu sampe-sampe kita bikin turnamen kecil-kecilan.

Selain itu, Vainglory yang orang kata aneh: moba kok tap-tap itu udah ga berlaku lagi, sebab udah ada pilihan dengan virtual pad atau analog. Dari sini bisa kita liat kalo Vainglory sedang mencari pasar yang lagi tren di masyarakat. Bagi pemain lama, tap-tap udah menjadi ciri khas, lalu sekarang dikasih opsi kontrol lain.

Anyway, Vainglory pun udah ada alpha test buat PC. Jadi, kalian bisa main di PC tanpa harus pake aplikasi emulator. Ternyata, usaha ini pun engga membuat yang lain jadi antusias. Kasian kan ya. Begitu juga dengan Youtuber yang kontennya tentang Vainglory yang sedikit banget peminatnya, contohnya: Rumblysuperset yang sering gue pantengin dari awal sampe sekarang.

Sejujurnya gue pun sering kesal kalo main Vainglory, match making system nya itu masih belum baik. Pemainnya juga kurang tanggung jawab, sering AFK atau malah ngambekan di-tier tertentu, suka autolock hero, dan ga peduliin proporsional di dalam tim. Gatau ya kalo di server SEA doang yang begitu wkwkw. Tapi, untungnya game ini gaada fitur chat, kalo bisa jangan deh nanti banyak yang bacot kayak game sebelah, bikin sekampung perang bisa tuh.

Vainglory bakal kesulitan buat merebut posisi Mobile Legend (ML) ataupun Arena of Valor (AoV).  Mereka berdua udah duluan ambil pasar Indonesia yang notabene jumlah pemain terbesar di jagat raya ini. Tibanya ML itu Indonesia banget lah, udah melekat. Kenapa? beberapa alasannya udah pernah gue posting di sini.

Nah, dari fenomena ini menurut kalian Vainglory bakal mati ga sih?



  • Share:

You Might Also Like

0 comments