Aneh, Vainglory yang Selalu Kena Bully

By hadyan luthfan - December 11, 2017



Vainglory sendiri merupakan game bergenre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena yang dirilis oleh Super Evil Mega Corp (SEMC) sekitar tahun 2014. Permainannya ini terdiri dari dua tim, yang masing-masingnya terdiri dari 3 orang. Goal nya itu menghancurkan Vain Crystal lawan dengan melalui 5 biji turret lawan terlebih dahulu.  Ukuran gamenya tergolong besar dibanding game yang serupa, sekitar 700MB. Sedangkan spesifikasi handheld buat ngejalaninnya juga lumayan tinggi dengan RAM 1GB dan Storage 2GB.

Mungkin teman-teman pernah dengar ini game, ya dengar buat dicaci-caci wkwkw. MOBA kok nge-drag, kok cuma satu lane, kok pencet-pencet doang?

Yak, yang bilang semacam itu adalah pemain MOBA berbeda seperti Mobile Legend, AOV, Ace of Arena, Light Vs Shadow, Order & Chaos, dan lain-lain. Kenapa? Karena Vainglory sendiri cuma punya satu lane, dan bermainnya emang cuma tap-tap. Berbeda dengan judul game MOBA lain yang mainnya make analog (sebenarnya sih virtual pad), jadilah satu lawan seribu, kenak bully lah kau wkwkw.


  • Grafis
Tapi setelah gue menghayati *uhuk* game ini, memiliki grafis yang menawan dibanding game MOBA lain. Gue udah pernah install Mobile Legend, AOV, Order & Chaos dan trakhir itu Light VS Shadow, nilai grafik mereka terlalu jauh kalo buat dibandingin. Jadi, wajar kalo ukuran game ini lebih besar dibandingin sama yang lain. Sejalan dengan itu, batrai dan kuota yang digunakan juga lebih besar. Dari sana gue berasumsi kalo kebanyakan orang tentunya bakal lebih milih yang ringan dan hemat batere, emang ntu hp buat main game aja? Dari awal gue main sekitar tahun 2015 ini game selalu gue set ke low quality, saking takutnya batrai koid untuk 4-5 match. Berbanding terbalik, game yang ringan lain menjadi alasan pemain dengan hp yang low-end pun bisa mainin. Grafis yang sedemikian menawan ini diakui oleh Apple langsung memberi Super Evil Megacorp kesempatan untuk memamerkan Vainglory pada acara peluncuran iPhone 6 dan 6 Plus, serta menganugerahi Apple Design Award tahun 2015.


  • Gameplay
Yang pernah main Dota2 ataupun LoL sebenarnya akan lebih gampang mainin Vainglory. Bisa dibilang Vainglory ini bisa mengadaptasi game PC yang gue sebutin diatas. Tapi, perlu digaris bawahi bahwa sebenarnya game sekelas Dota2 dan LoL engga bakal bisa disejajarin sama game MOBA di smartphone *yakali. Kenapa perlu gue garis bawahi? Karena setiap gue liat orang komen di sebuah postingan, pasti ada yang kesal wkwk. Padahal sih sebenarnya kalo mereka yang kesal tadi paham, ga bakal ke-bait sama komenan kayak gitu. Perbedaan platform gitu lho, ya logika aja toh. Skip.

Permainan ini, sampai saat postingan ini dibikin masih 3 lawan 3 dengan satu lane. Kita punya role masing-masing, seperti carry, jungler, dan captain.  Singkatnya, tim harus menghancurkan Vain Crystal yang berada pada daerah lawan dengan melewati 5 turret (tower). Selain itu, pada menit ke 15 permainan ada Kraken yang bisa kita buka kalo kita berhasil ngalahin ini monster. Dengan kata lain, Kraken menjadi salah satu kekuatan tambahan buat kita nge-push musuh.

Untuk pilihan match, ada mode Blitz yang durasi waktu permainan cuma 5 menit dan kita hanya perlu mendapatkan poin hingga 15 dari membunuh hero dan minnion tambang, serta menghancurkan turret lawan tanpa perlu menghancurkan Vain Crystal. Pilihan mode lainnya ialah Battle Royale, keunikannya ialah kita udah dikasih gold  dan 4 level skill ekstra. Selain itu kita ga perlu bermain di hutan (lane only). Misinya tetap menghancurkan Vain Crystal lawan. Untuk mode ini kita bisa pake emblem, yang artinya salah satu skill aktif kita memiliki tambahan atau perubahan power. Emblem sendiri bisa dibeli dengan sangat murah (ga harus pake uang asli, pake poin juga bisa) atau dapat gratis kalau kita mainin 7 heroes yang berbeda pada daily quest. Ga adil dong? Nah, makanya untuk itu elu main yang bener, biar bisa upgrade emblem. Lagian kalo udah ngerti role, minimal yang kita pilih emblemnya untuk hero yang udah dikuasai aja.

Nah, selanjutnya ada mode Classic dan Ranked. Ga perlu dijelasin banyak-banyak karena yang udah biasa main pasti ngerti. Untuk mode Classic, bisa dimainin kapan pun, mau sambil boker pun terserah. Kalo untuk mode Ranked, lu kudu punya minimal 8 hero. Saran gue, walaupun lu udah falling in love pada satu role, sebaiknya lu punya role alternatif. Kebayang ntar kalo satu team cuma punya hero dengan role sama, kapten semua. Bingung prince. Sebagai tambahan, emblem ga berlaku di mode permainan Classic dan Ranked.


  • Hero & Skin
Sampai sekarang hero masih berjumlah 36 ekor, terdiri dari role carry, jungler, dan captain. Udah pada tau lah ya tiap hero itu tugasnya ngapain aja wkwk, capek jelasinnya. Dan, tipe hero nya itu Assasins, Mage, Protector, Sniper, dan Warrior. Segitu aja udah lumayan menurut gue, karena SEMC sendiri sedang rajin-rajinnya bikin hero baru. Menurut pantauan gue, akhir tahun 2017 ini setiap update baru selalu aja ada hero baru. Well, simply amazing.

Perbedaan dari MOBA lainnya ialah, skill aktif setiap hero cuma ada 3 dan skill pasif 1 tanpa adanya tambahan emblem dan lain-lainnya. Selain itu skill sama sekali ga bakal nambah stat si hero, karena dianggap ga fairplay. Yakali skin lu legendary trus bisa nambah stat attack 25. Beda kan ya, lu mau punya skin bagus pun kalo main lu jelek ya ga bakal imba wkwkw😂. Kalo game lainnya gue rasa sih iya, karena ngasih keuntungan lebih dari orang yang udah beli itu skin.

Buat pemain Vaingloy, kalo mau punya skin bisa kumpulin kartu, beli, ataupun dapat gratis. Kumpulin kartu sih gampang-gampang susah, karena setiap selesai main juga dapat kartu, atau untungnya lagi dapat langsung skin nya atau hero. Kalo mau beli ya silahkeun, ndak masalah. Beli pun tetap berasa fair kok. Kalo gue pribadi ga pernah sama sekali beli hero, gue selalu nukarin poin buat dapetin hero, sampai ada yang terbaru pun gue tetap nunggu biar bisa diganti pake poin (sabar seminggu). Berkat ketelatenan *huek setiap ada hero baru gue bisa nukarin pake poin, artinya hero gue udah lengkap, yang bisa gue pahamin juga ga semua... ya sekitar 85% lah. Walaupun ga bisa paham semua, yang party sama gue bisa make hero yang dipunya, fitur switch hero.

  • Item
Ah, ini bagian yang dimalesin. Banyak banget! Tapi seenggaknya gue kasih tau secara garis besar aja yak. Di Vainglory ada 5 jenis item, yaitu Weapon, Crystal, Defense, Utility, dan Consumable.

Weapon/ Senjata, digunakan untuk menambah damage dari serangan dasar. Jadi, kalo hero lu tipe yang jarang gunain skill aktif, sebaiknya gunakan item weapon/ senjata/ merah ini. Logikanya, kalo untuk tipe hero yang sering gunain skill trus lu pakein item weapon ini bakal rugi di damage skill. Walaupun basic attack nambah, tapi itu bakal sia-sia aja. Kecuali lu udah pro banget, ga masalah. Atau tipe hero fleksibel, lu mau pakein item yang 'ga semestinya' pun ga masalah.

Crystal/ Ability, digunakan untuk nambah serangan skill. Sesuai judulnya, item ini bakal sangat berguna untuk hero yang sering gunain ability. Jadi, logikanya item jenis ini sama sekali ga bakal nambah serangan dasar kalian. Dengan kata lain, serangan dasar hero bakal 'lemah', tapi serangan kemampuan/ ability bakal bikin kocar-kacir lawan.

Defense/ Pertahanan, sesuai namanya jenis item ini digunain buat mengurangi, menangkis, melindungi, bahkan kabur dari serangan lawan. Nah, setau gue game sejenis ini gaada item defense yang aktif. Artinya gaada serangan lawan yang bisa kita tangkis sama sekali. Misal, hero lawan mau nge-stun kita, kalo di VG serangan tersebut bisa ditangkis sehingga kita ga kena stun sama sekali (kalo timing nya pas). Selain itu, ada item yang bisa nambah darah rekan satu tim. Nah, item ini untuk hero jenis apa? Sebenarnya item defense buat jenis hero apa saja, cuma beberapa pemain yang pernah satu tim sama gue, mereka ga beli item defense sama skali karena ngarepin bantuin dari hero tipe Captain atau Protector. Tapi, ada tapi nya... Kalo lo udah pro gamasalah kok gaada item def. Jangan kayak bocah, udah tau darah tipis-main agresif-ga beli def. AUTO MATI PREMATUR😂

Utility, item ini berguna banget buat hero tipe Captain atau Tanker atau Protector. Yap, item ini buat tim-banget lah bisa dibilang, setelah item defense. Walaupun hanya item pendukung, tapi bisa jadi sangat krusial di menit-menit menengah ke akhir. Karena di hutan banyak sekali bushes/ semak, hal ini dimanfaatkan oleh tim lawan untuk sembunyi dan mencyduck kita disaat sedang tak berdaya atau sendirian. Tapi, item utility ini juga dibutuhkan oleh semua role, yakali ga beli sepatu (boots). Ada sih, tapi ya disesuaiin lagi sama gaya main dan ga disaranin sama sekali. Karena, semakin lama durasi mainnya, hero lawan juga semakin banyak dapat gold dan bakal beli final item juga. Sekali bacok darah lu abis seperempat, jalan lu lelet kayak siput dan mati... Item lainnya learning by doing aja ya bra

Last, Consumable Item yang bisa dibilang item sekali pake atau item pemakaian singkat. Walaupun begitu item ini ga bisa dianggap remeh karena menurut gue jenis item ini sangat membantu pada beberapa kondisi. Misal ada scout trap atau flare yang gunanya buat nambah vision team. Perlu ga sih? Tergantung permainan  dan tergantung hero lawan. Kalo hero lawannya suka sembunyi/ punya skill menghilang disaranin sih beli aja. Kalo rasanya vision ga terlalu perlu ya hajar aja. Selain itu, juga ada item infusion (weapon/crystal) yang luarbiasyah nambah kekuatan serangan dasar ataupun jurus selama beberapa saat. Ini item ibarat mie instant buat anak kost-an yang lagi dilanda lapar tapi duit udah tipis. Selain lumayan nambah stat beberapa saat, item ini murah✌. FYI, item ini ga bakal menuhin inventory kalo udah dipake, jadi walaupun inventory udah penuh tetap bisa dibeli biar makin setrong💪
.

Gue rasa sampai sini aja dulu, main gue pengen nambahin yang lain-lain makin ga gue kerjain, kelakuan wkwkw. Sampai ketemu ntar di Halcyon Fold noob ini, daah...



*Oh ya, selama nahan post ini buat dishare, sebenarnya Vainglory udah lama bakal rilis mode game player 5 vs 5 (3 lane, bisa daftar di sini). Gatau ya kalo masih ada yang ngebully lagi, MOBA kok nge-drag dan lain-lain. Karena menurut gue dari hampir segala sisi (diluar mode game 3 lane) aja game ini udah ciamik banget, kecuali suitable hp (spec menengah-tinggi), kuota dan batrai yang boros 😋

Hail Vainglory, The MOBA Perfected for Touch!






  • Share:

You Might Also Like

0 comments