Tutorial - Akses Google Drive Langsung Dari Microsoft Office Kamu

By hadyan luthfan - October 13, 2018

'Sssup orang-orang yang sedang dilanda kesusahan😢
Yak sesuai dengan judulnya, gimana sih cara nya install Google Drive langsung dari Microsoft Office? Tapi sebelumnya, gue bakal menjelaskan apa sih manfaatnya.

Mungkin beberapa dari kalian sering kesal karena file dokumen sering hilang, tidak tersimpan, atau lupa membawa softcopy dan PC (Personal Computer) tertinggal di rumah di saat keadaan sangat genting. Kita gatau keadaan PC kita di saat-saat tertentu bersahabat atau tidak. Bisa jadi semua udah kita persiapkan tapi di waktu penting tersebut PC ngajak ribut. Nah, solusi paling tepat ialah membuat duplikat file tersebut di media penyimpanan portable; usb flashdisk atau hdd eksternal misalnya. Tapi, masalahnya lagi ialah: kalau seandainya kena virus kita mesti gimana? Nah, jawabannya adalah penyimpanan awan atau istilah anak Jaksel nya (wkwkw) Cloud Storage.

Singkatnya, penyimpanan awan atau Cloud Storage tersebut ialah tempat menyimpan di jagat internet. Masa gatau sih, ini jaman edan teknologi loh. Jadi, ga perlu gue jelasin lagi ya yang ini?!

Kenapa gue saranin pake Google Drive?

Sebenarnya di Microsoft Office itu sendiri udah dilengkapin sama One Drive; penyimpanan awan dari Microsoft itu sendiri dan kalian ga perlu install lagi, tinggal pakai. Tapi, gue pikir tidak semua orang yang punya akun Microsoft dan kita sebagian udah terbiasa nyimpan di Google Drive karena mayoritas mempunyai akun dari Google ini. Gaada yang mau ribet-ribet kan mikir karena penyimpanan terpisah-pisah, satu di akun Microsoft satu lagi di akun Google?! Jadilah kita kali ini membahas menginstall plug-in Google Drive di Microsoft Office.

Kenapa harus install plug-in padahal di web ada?

Benar sekali, tapi ini hanya menjadi pilihan bagi pembaca. Kita bisa mengakses Google Drive dari web, tinggal buka browser trus klik icon nya, upload, selesai. Tapi, menurut saya menginstall plug-in dapat mempersingkat waktu selagi kerja di salah satu aplikasi Microsoft Office; klik file, save, pilih Google Drive, klik save lagi, done! Ingat, harus ada jaringan internet loh.

Banyak bacot, ayo mulai tutorial:
  1. Harus punya jaringan internet dan PC udah diinstal Microsoft Office 2016 atau versi ke atas
  2. Download plug-in nya di: https://tools.google.com/dlpage/driveforoffice (approx: 1.07 MB)
  3. Install dan tunggu download lagi kira-kira 5 menitan
  4. Ntar ada notifikasi "Pemasangan Selesai", klik tutup
  5. Buka Microsoft Office nya, Word misalnya. Ntar bakal ada jendela Google Drive pas baru masuk, klik Get Started
  6. Trus, ntar bakal diarahin ke browser buat masukin akun dan password kayak gini, klik Got it, lalu Allow:



  7. Setelah ada pemberitahuan seperti ini: "Authorization has been granted successfully. You can close this page and switch back to the Google Drive plug-in for Microsoft Office", artinya izin dan verifikasi udah selesai, sekarang balik lagi ke Microsoft Office nya
  8. Setelah itu bakal muncul jendela seperti ini, klik Done


  9.  Sekarang coba digunakan, buat dokumen trus di-save di Google Drive, tampilannya begini:


  10. Selesai.

Nah, itu dia semua langkah buat install plug-in Google Drive di PC teman-teman. Selain itu, jangan lupa juga buat simpan file nya di harddisk PC, karena ga setiap waktu kita terhubung dengan koneksi internet.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments