Beda Kosmonot dan Astronot

By hadyan luthfan - February 05, 2015

Ada beberapa diantara kita yang pernah mendengar astronot dan kosmonot. Tentunya kita bertanya-bertanya, apakah mereka itu sama apa berbeda begitu juga dengan tugasnya. Kalo nanya ke anak-anak, persamaannya adalah "ada not nya" perbedaannya adalah "hurufnya".

Menurut yang pernah gue baca di buku lupa judulnya. Astronaut itu berasal dari bahasa Yunani dimana Astron berarti bintang, sedangkan nautes berarti pelaut atau penjelajah. Jadi, saking polosnya dahulu kala "senior" kita ngira bahwa di luar angkasa ada lautan bintang~

Lanjut, sedangkan Cosmonaut diambil dari Cosmos atau kosmos yang artinya alam semesta dan nautes berarti pelaut atau penjelajah. Ingat ultraman Cosmos? Iyaa... yang buat masak nasi -.-. Seriusan, Ultraman Cosmos serial tv dari Jepang yang berarti manusia ultra dari luar angkasa. Waktu masih bocah cuma hubung-hubungin, ternyata ga meleset!

Nah, sebenarnya astronot dan kosmonot secara prinsip tidak ada perbedaannya. Fungsi dan kerjanya pun tidak ada yang berbeda. Ini cuma terletak pada penyebutan kepada antariksawan mereka. Astronot istilah yang sudah universal, sedangkan kosmonot dipakai untuk penyebutan antariksawan negara Rusia.

Semoga Berguna... 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments